Headline News :

Bahaya Pencemaran Timbal Bagi Kesehatan Terutama Anak-anak

Written By non Xfile on Monday, April 6, 2015 | 8:16 AM

Bahaya Pencemaran Timbal Bagi Kesehatan Terutama Anak-anak

Berbicara tentang bahaya timbal bagi kesehatan sangatlah besar terutama bagi anak-anak, bahayanya terhadap tubuh dapat mempengaruhi bahkan merusak sistem organ tubuh. apa itu timbal ?
Timbal adalah logam lunak berwarna abu-abu kebiruan mengkilap, memiliki titik lebur rendah, mudah dibentuk, memiliki sifat kimia yang aktif, sehingga dapat digunakan untuk melapisi logam agar tidak timbul karat.
Sifat dan Karakter timbal :

  • Sebagai penghantar listrik yang baik.
  • Mempunyai titik lebur yang rendah327,5 °C.
  • Mempunyai kerapatan yang lebih besar dibanding dengan logam-logam, kesuali emas dan merkuri.
  • Merupakan logam yang tahan terhadap peristiwa korosi atau karat, sehingga logam timbal sering digunakan sebagai bahan coatin.
  • Merupakan logam yang lunak, sehingga dapat dipotong dengan menggunakan pisau atau dengan tangan serta dapat dibentuk dengan mudah.
Selanjutnya kita akan membahas tentang Bahaya Pencemaran Timbal Bagi Kesehatan Terutama Anak-anak, bahaya timbal bagi kesehatan contoh ; bahaya timbal bagi kesehatan yaitu :
  1. Ganguan terhadap fungsi ginjal, menyebabkan tidak berfungsinya tubulus renal, nephropati irreversible, sclerosis vaskuler, sel tubulus atropi, fibrosis dan sclerosis glumerolus. Akibat itu dapat menimbulkan aminoaciduria dan glukosuria dan juga dapat menyebabkan terjadinya nefritis kronis. 
  2. Ganguan terhadap sistem saraf, dapat menimbulkan efek dari pencemaran timbal (PB) terhadap kerja otak lebih sensitif pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa, gambaran klinis yang timbul ialah rasa malas, gampang tersinggung, sakit kepala, tremor, halusinasi, gampang lupa, menurunnya kecerdasan pada anak dan susah konsentrasi.
  3. Ganguan terhadap sistem reproduksi, dapat menyebabkan gangguan terhadap sistem reproduksi yaitu keguguran dan kematian janin. karena logam timbal mempunyai efek racun terhadap gamet dan juga dapat menyebabkan cacat pada kromosom. Anak anak sangat peka terhadap paparan timbal di udara, air dan tanah, jika berlangsung cukup lama ter kontaminasi akan menyebabkan menurunnya IQ.
Upaya untuk mengurangi pencemaran timbal :
  1. Cuci tangan, kaki setelah bermain dan jangan memakai sepatu atau sandal kedalam rumah, terapkanlah hidup sehat higienis dan bersih, berilah arahan dan bingbingan pada anak kita agar hidup bersih dan sehat.
  2. Tidak menggunaka limbah untuk di daur ulang sebagai pembungkus makanan.
  3. Tidak membuang secara langsung ke lingkungan limbah padat yang mengandung logam.
  4. menghindari penggunaan mainan dan juga peralatan bayi yang terbuat dari logam
  5. limbah senyawa kimia yang berasal dari rumah sakit dan laboratorium tidak dibuang langsung ke dalam saluran air, buang pada tempatnya yang telah ditetapkan untuk lebih aman.
Setelah membahas tentang bahaya pencemaran timbal bagi kesehatan terutama anak-anak semoga dapat bermanfaat dan memberi pengetahuan kepada anak bahwa bahaya dari pencemaran timbal sangat besar dampaknya terutama bagi buah hati kita, sehingga kita dapat mengantisipasi dari sejak dini agar anak kita terhindar dari bahaya pencemaran timbal, dan hidup lah yang sehat, sekian terima kasih.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. Berbagituindah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger